Senin, 30 Mei 2011

Macam-Macam Kecerdasan

Macam-Macam Kecerdasan



MULTIPLE INTELEGENCE
Cuplikan dari buku
“Teaching Kids With Learning Difficulties in The Reguler Classroom” (Susan Winebrener).
Diterjemahkan oleh Farida Kadarusno


Sebenarnya, kalau sejak dini kita bisa “mengerti” macam kecerdasan yang kita mau dan jeli,
dimiliki anak kita !

Setelah kita membuat suasana belajar yang kondusif dan nyaman untuk anak didik kita, langkah berikutnya adalah mengaplikasikan pendekatan gaya belajar kepada kurikulum dan aktivitas belajar.
Dr. Howard Gardner mengembangkan teori macam-macam kecerdasan yang digunakan manusia untuk memecahkan masalahnya.
Pada umumnya siswa cenderung mempunyai kekuatan dalam satu atau dua macam kecerdasan. Walau demikian di kemudian hari mereka akan cukup mahir dalam beberapa mcam kecerdasan, jadi tujuan kita sebagai guru adalah mengenalkan/mempertunjukkan/menjelaskan kepada siswa sebagai macam cara kegiatan/aktivitas belajar.

Kecerdasan Berbahasa.(Linguistic Intelegence).
Orang yang berbakat dalam bidang bahasa dapat mengerti dan menggunakan bahasa dengan mudah. Mereka berpikir logis, analisis, berurutan dan hasil pekerjaannya menunjukkan hal tersebut. Mereka gemar membaca, menulis, mengingat informasi (walaupun hal yang remeh), berbicara dan membuat kosa-kata (mereka sangat pandai mengeja).
Tidak ada rahasia dalam mengajar siswa yang mempunyai kekuatan ini, mereka suka bersekolah dan sekolah suka dengan mereka.

Kecerdasan Matematis-Logis (Logical-Mathematical Intelegence).
Siswa tipe ini menggunakan angka dan konsep matematik dengan mudah. Mereka memahami penjelasan abstrak dan sering tertarik pada IPA. Mereka tertarik pada bagaimana benda dapat bekerja, bergerak, mereka suka pada permainan, teka-teki, komputer. Mereka dapat mengenali pola dan sering mempunyai cara yang tak biasa dalam memecahkan masalah, walaupun mereka tak dapat menjelaskan cara ‘bekerja’. Banyak pemikiran yang baik yang ada di benak kepala mereka.
Tips: Ajarkan matematik dari konkret ke abstrak, hubungkan hal yang abstrak ke dalam keseharian. Gunakan komputer untuk membantu belajar, mnemoniik, cara visual dalam bentuk gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar