Senin, 30 Mei 2011

Miliarder Buffet Lirik Indonesia

Miliarder Buffet Lirik Indonesia


 
Nanning – Jika tidak ada aral melintang, konglomerat asal Amerika Serikat (AS), Warren Buffet, akan menanam modal di Indonesia. Melalui perusahaan pembuat baterai dan mobil listrik Build Your Dreams (BYD) Co Ltd Investor yang berbasis di China, Buffet berminat berinvestasi di Indonesia.
“Dijadwalkan sekitar pukul 15.00, pada 20 Oktober 2010, Wakil Presiden akan bertemu CEO BYD (Wang Chuanfu)," kata juru bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, kepada wartawan di Nanning Hotel, Nanning, China, Selasa (19/10).
Yopie belum bisa memberikan penjelasan seperti apa detail realisasi dari renana tersebut. "Saat ini statusnya masih to be confirmed. Mudah-mudahan dia mau investasi di Indonesia," kata Yopie.
Bos BYD di China, Wang Chuanfu, merupakan orang terkaya nomor satu di Negeri Tirai Bambu. Sedangkan Warren Buffet, merupakan orang terkaya nomor tiga di dunia versi majalah Forbes.
BYD yang baru berdiri tujuh tahun lalu itu kini telah menjadi perusahaan otomotif nomor enam terbesar di China. Perusahaan ini menjadi salah satu yang menetapkan jadi atau tidaknya kendaraan elektrik atau hybrid sebagai rencana kendaraan pakai dalam jangka panjang.
Warren Edward Buffett, lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930 (80 tahun) adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Ia memiliki julukan Oracle of Omaha. Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, di mana dia memegang 38% saham.
Seperti diketahui, AS memang masih belum pulih dari resesi ekonomi 2007-2009. Namun, pundi-pundi segelintir orang super kaya di Negeri Paman Sam itu malah bertambah banyak. Demikian menurut survei majalah bisnis terkemuka di AS, Forbes. Seperti dikutip laman CNNMoney, total aset 400 orang kaya di AS yang disurvei Forbes tahun ini sebesar 1,37 triliun dolar AS, atau bertambah 100 miliar dolar AS dari jumlah tahun lalu.
Selain itu, total aset sepuluh orang terkaya di AS tahun ini bertambah 24,9 miliar dolar AS, atau sebesar delapan persen dari tahun sebelumnya. Peringkat pertama daftar orang terkaya di AS tahun ini masih dihuni oleh Bill Gates. Juragan Microsoft ini mengantungi 54 miliar dolar AS, atau naik 4 miliar dolar AS dari tahun 2009.
Dia diikuti oleh konglomerat gaek, Warren Buffet, yang memiliki aset senilai 45 miliar dolar AS. Walikota New York, Michael Bloomberg, memiliki kekayaan senilai 18 miliar dolar AS sehingga menempati peringkat sepuluh. Peningkatan yang fantastis justru dialami miliarder muda Mark Zuckerberg. Nilai kekayaan pencipta media sosial Facebook itu tahun ini naik 245 persen sehingga menempati peringkat 35.
Sebelumnya puluhan milyuner Amerika Serikat (AS), awal Agustus lalu, berjanji untuk memberi setidak-tidaknya setengah kekayaan mereka untuk amal, sebagai bagian dari kampanye amal dua orang terkaya, Warren Buffet dan Bill Gates.
Majalah Forbes memperkirakan berdasarkan kekayaan para milyuner itu, paling tidak mereka bisa memberi senilai uang 150 milyar dolar. Warren Buffet adalah orang terkaya ketiga di dunia yang memiliki kekayaan 30 milyar poundsterling melalui investasi dengan perusahaan Berkshire Hathaway. Dia bersumpah akan memberi 99 persen uangnya. viv, ins.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar